redaksi May 16, 2018
Belarusia-Foto/infom.rs

Aturan hukum terkait ekonomi digital baru saja diberlakukan di Belarusia yang disebut country’s Hi Tech Park (HTP). Aturan itu mulai berlaku sejak Maret 2018. Di dalamnya juga mengatur tentang keabsahan cryptocurrency, dan memberikan ruang lebih di struktur framework-nya untuk meliberalisasi lingkungan bisnis yang inovatif dan mempergunakan teknologi tinggi, termasuk pengembangan dari status hukum penduduk yang berada di area HTP.

Alexander Hexan, Partner dari Haxuz berpendapat, kalau hal itu adalah langkah berani dari pemerintahan di Belarusia. Haxuz adalah investor yang menyediakan pendanaan seed dan kadang pre seed hingga mencapai US $ 2 juta. Hingga saat ini mereka mempunyai tujuh proyek dalam portfolionya dan tiga proyek sudah mencapai exit strategy.

Chekan juga berpendapat, pada saat aturan hukum itu sedang dirumuskan tidak ada startup yang menggunakan blockchain, jadi mereka mendorong untuk memasukkan ide blockchain kedalam aturan hukum. Juga meskipun investasi modal ventura tidak termasuk dalam aktivitas bisnis yang diatur dalam HTP residents, namun langkah majunya adalah pengembangan HTP selanjutnya tidak hanya untuk lingkaran di HTP tapi juga di seluruh wilayah negara Belarusia.

Sejauh yang diketahui oleh Chekan, aturan hukum yang umum diberlakukan adalah norma hukum Inggris, yang dipergunakan untuk mengatur bisnis. Aturan hukum ini mencakup seluruh aspek keperdataan yang diperlukan.

Harapan Chekan selanjutnya adalah akan ada peningkatan lebih dari aspek investasi perusahaan yang berhubungan dengan pendanaan seed dan pre seed, dan juga accelerator yang mendukung proyek tematik di seluruh Belarusia.

Dari wawancaranya dengan Emerging Europe, Chekan mengatakan untuk mengembangkan startup, masih terbuka kesempatan secara global. Mereka dapat memperoleh pendanaan dari Silicon Valley, Tiongkok atau UEA. Saat ini startup pada tahap early stage mencoba bertahan dengan menggunakan pola 3 F (friends, fools, family) dan mereka dapat memperoleh pendanaan mencapai US $ 50 ribu. Tapi saat mereka ingin mengembangkan lebih lanjut mereka tidak dapat melakukannya, karena masih terlalu dini untuk memperoleh investasi di wilayah Eropa.

Pola pendanaan seed mulai dari US $ 200 ribu – 300 ribu yang diperlukan bagi startup di Belarusia. Saat ini para pelaku startup berusaha untuk memperolehnya dari jaringan Business Angel Network dan berusaha pula untuk memperoleh investasi lebih banyak dari investor pada akhir tahun ini.

Oleg Kondrashov, CEO dari EnCata yang menyediakan one stop development service untuk pengembangan startup, mengatakan kalau aturan hukum tentang ekonomi digital memberikan optimisme dalam ekosistem teknologi di Belarusia.

Pada tahun ini dia memulai Hackspace, suatu workshop yang diselenggarakan di dekat kantor R&D nya. Proyek ini akan memberikan ruang kerja, peralatan dan bantuan finansial untuk digunakan membangun prototype dan pengujiannya. Sumber pendanaan di Hackspace berasal dari non refundable grants. Pemberi dana tidak akan mengambil bentuk kepemilikan equity, tapi mereka mempunyai hak sebagai yang pertama untuk mengambil kebijakan jika startup kemudian berpotensi baik dan menjanjikan.

Belarusia sendiri banyak dipenuhi oleh para ahli bidang teknik dari lulusan sekolah yang dahulu berasal dari Uni Soviet. Sekarang ini banyak kesempatan untuk mengeksplorasi pendanaan untuk hardware, dan di Belarusia hal itu menjanjikan. Banyak yang menawarkan ide ide mereka untuk hal itu.

Meskipun belum jelas bagaimana Bank Nasional di Belarusia akan meresponnya berkaitan dengan pendanaan dengan mata uang asing, namun tren positif tampaknya terus berlanjut. Akan menjadi hal baik untuk melihat pegembangan terkini dari investasi dan aturan hukumnya dan pengenalan dari konsep commercial risk untuk dimasukkan ke dalam perumusan aturan hukum. Kesempatan untuk sukses dalam industri hardware adalah 0.5 persen, dan pemerintah harus mengerti kalau tidak setiap investasi dapat dikonversi menjadi pendapatan. Tapi di Belarusia, mereka sudah bersiap untuk hal itu.

Berdasarkan aturan hukum ekonomi digital, penduduk di area HTP dapat membuka akun di bank asing dan lembaga keuangan lainnya, menerima uang dari akunnya tanpa menunggu persetujuan dari Bank Nasional, memindahkan modalnya ke bentuk transaksi mata uang, jika diperlukan maka harus memberitahukan kepada pemerintah. Mengelola dokumen penting berkaitan dengan akuntansi secara pribadi, saat melakukan hubungan bisnis dengan warga negara lain yang bukan warga negara Belarusia.

(sumber: emerging-europe.com)

Do you like this post?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid