redaksi October 20, 2013
hak cipta image-copyrightsworld.com/arsip

Pengadilan Tinggi Seoul memutuskan bahwa hak cipta dari streaming musik menjadi milik penyanyi dan produsernya, putusan ini membatalkan putusan dari pengadilan di tingkat bawahnya yang menyatakan bahwa penyanyi dan produser tidak diakui haknya terkait sumber digital yang diproduksi.

Berita yang dilansir dari koreantimes ini menulis mengenai sengketa tentang hak cipta atas musik digital. Lebih lanjut isi putusan banding memerintahkan Hyundai Department Store untuk membayar senilai 235 juta won atau setara dengan 230 ribu dolar AS kepada Federation of Korean Music Performers (FKMP) dan The Recording Industry Association of Korea (RIAK) untuk musik streaming yang diproduksi oleh anggota kedua lembaga itu selama 2 tahun, yaitu sejak January 2010 tanpa permisi kepada kedua lembaga tersebut.

Hyundai telah memainkan musik yang diambil dari KT musik, suatu penyedia musik digital, dari toko KT Musik ke pelanggan. “Tidak ada perbedaan antara musik streaming dan album, dalam hal terjadi kerugian finansial yang mungkin ditimbulkan dari pertunjukan atau penjualan suatu album musik” demikian menurut pengadilan dalam putusannya.

“Streaming musik juga harus dipertimbangkan supaya sama kedudukannya dengan album musik karena sumber digitalnya yang disimpan di dalam database KT Musik dan selama beberapa waktu berada dalam komputer di toko sebelum kemudian akhirnya dialihkan ke pelanggan”.

Para ahli mengatakan bahwa putusan pengadilan itu mencerminkan aturan hukum hak kekayaan intelektual yang berlaku secara internasional, dimana secara luas menjamin hak cipta dari penampil/penyanyi dan produser dari sumber digital.

Pemerintah Korea Selatan berencana untuk menyesuaikan dengan perubahan ruang lingkup hak kekayaan intelektual. Kementerian Budaya, Olahraga dan Pariwisata mengatakan pada awal tahun ini tentang recana untuk merevisi Undang Undang tentang hak kekayaan intelektual untuk mendorong status hukum sumber musik digital agar sejajar dengan album musik.

Do you like this post?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid