redaksi October 25, 2017
ilustrasi irlandia-irishcentral.com

Pendapatan tujuh firma hukum ternama di Irlandia mencapai 720 juta euro pada tahun lalu. Pendapatan itu dikalkulasikan berdasarkan analisa pasar di Inggris sebagai indikator terhadap kesehatan keuangan pada perusahaan ternama. Enam diantaranya memperoleh peringkat kategori top 50 dalam hal pendapatan yang diperoleh.

Data informasi keuangan itu dibuka oleh firma hukum Irlandia dimana tidak ada kewajiban untuk mempublikasikannya karena mereka bukan perseroan terbatas. Hanya ada satu yang mempublikasikannya, yaitu firma hukum Mason Hayes & Curran. Laporan pangsa pasar itu, dikabarkan oleh laman independent.ie mengutip laporan dari “The Lawyer” yang berspesialisasi dalam hukum bisnis, sudah mengestimasi peringkat pendapatan berdasarkan indikator kinerja.

Peringkat tertinggi adalah Arthur Cox, yang memperoleh pendapatan mencapai 144 juta euro pada tahun lalu. Firma hukum ini berada di peringkat 15 di Eropa dalam perolehan pendapatannya dalam suatu laporan namun tidak menyertakan firma firma hukum di Inggris.

A&L Goodbody (138.3 juta euro) berada di peringkat 17, McCann Fitzgerald (121 juta euro) di peringkat 25, sedangkan Matheson (115 juta euro) di peringkat 27. Laporan itu juga menyebutkan firma hukum ternama di Irlandia, William Fry (88.4 juta euro) di peringkat 40, Mason Hayes&Curran (77 juta euro) dan Dillon Eustace (36.5 juta euro) di peringkat 92.

Sebagai perbandingan, pendapatan tertinggi di Eropa adalah firma hukum Garrigues, yang berkantor di Spanyol dengan perolehan pendapatan mencapai 349.4 juta euro. Sedangkan menurut penelitian lain dari Irish Independent mengindikasikan meskipun firma hukum ternama tersebut memperoleh pendapatan jutaan euro dari klien pemerintahan, namun tetap saja pendapat terbesar adalah dari klien swasta. Sekitar lima persennya sekitar 35.5 juta euro dari sektor publik.

Irlandia dideskripsikan sebagai “the least transparent jurisdiction in Europe” dari perspektif data yang dikumpulkan. Analisa tersebut menggunakan indikator pertumbuhan, alur kinerja dan tipe pekerjaan setiap firma hukum yang dilakukan saat mereka mengestimasi pendapatan. Semua firma hukum mengatakan bahwa 2016 adalah tahun yang baik, namun bersamaan dengan itu mereka semua mengatakan bahwa jumlah pekerjaan menurun semenjak Inggris memutuskan untuk keluar dari Uni Eropa.

Pendapatan 7 persen Arthur Cox setelah diestimasi, mereka memberikan fee kepada pengacaranya rata rata setiap orang memperoleh 415 ribu euro. Firma hukum ini mempekerjakan 794 staf yang berkantor di Dublin, Belfast, London, New York, dan Silicon Valley dengan diantaranya 347 adalah pengacara yang berkualifikasi baik.

Pada beberapa tahun lalu mereka pernah memperoleh 33 juta euro dari klien pemerintahan saat menangani krisis perbankan. Sedangkan klien sektor publik termasuk the State Claims Agency membayar 826.587 euro, HSE membayar 646.802 euro, Dublin City Council Membayar 640.000 euro, DCU membayar 684.785 euro dan Nama membayar 430.000 euro. Sekitar 9.6 juta euro dibayarkan dari lembaga publik kepada Arthur Cox Consultancy Services, perusahaan lain yang masih berhubungan dengan firma hukum Arthur Cox.

Firma hukum ternama peringkat dua adalah A&L Goodbody, yang dibayar 4.4 juta euro oleh lembaga publik dimana hal itu adalah 3 persen dari total pendapatan. Klien lainnya adalah Nama yang membayar 2.3 juta euro, the State Claim Agency membayar 807.001 euro, the Irish Strategic Investment Fund membayar 304.979 dan Tallaght Hospital membayar 235.510 euro. Firma hukum ini mempekerjakan 731 staf, dimana terdapat 344 pengacara yang berkualifikasi baik dengan kantor di Dublin, Belfast, London, New York, San Fransisco dan Palo Alto.

Peringkat ketiga adalah McCann Fitzgerald yang dibayar 6.3 juta euro dari lembaga publik atas sarannya untuk permasalahan hukum dan regulasi. Sampai saat ini, klien pemerintahan yang membayar fee terbesar adalah Transport Infrastructure Ireland dengan nilai 2.76 juta euro. Lainnya adalah National Transport Authority membayar 667.413 euro dan Road Safe Authority membayar 512.316 euro. Firma hukum ini juga mempekerjakan 240 penasihat hukum yang berkantor di Dublin, London, New York dan Brussels.

Do you like this post?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid