redaksi December 20, 2017
Sketsa wajah Mehmet Akilla di persidangan-reuters,com/jane rosenberg

Abdulhamit Gül selaku menteri kehakiman Turki mengatakan kepada koleganya di Amerika Serikat Jeff Sessions bahwa proses pengadilan terhadap bankir Turki di New York, yaitu mantan deputy general manager Halkbank, Hakan Atilla yang didakwa membantu menghindari sanksi dari Amerika Serikat adalah pengadilan ilegal dan mesti diakhiri.

Hal itu dikatakan Gül kepada stasiun televise setempat pada (19/12/2017) lalu. Menurutnya tidak mungkin untuk dapat menerima bukti terkait kepentingan Turki dalam perkara itu yang mengalami kerenggangan hubungan dengan kubu NATO.

Atilla, ditahan pada awal tahun ini di Amerika Serikat setelang melanggar sanksi Amerika Serikat terhadap Iran. Dia sekarang didakwa membantu pelanggaran terhadap sanksi tersebut dalam hal penyuapan, pencucian uang terkait Reza Zarrab seorang bisnisman keturunan Turki-Iran. Zarrab telah dinyatakan bersalah dan sekarang berkedudukan sebagai saksi dari untuk perkara tersebut, sebagaimana dikabarkan hurriyetdailynews.com pada (19/12/2017).

Gül juga mengatakan bahwa Fethullahist Terorist Organization (FETÖ), secara nyata diyakini berada di balik itu semua setelah kegagalan mereka melakukan kudeta terhadap pemerintahan di Turki.

Hal ini terkait dengan kesaksian dari Hüseyin Korkmaz, mantan polisi yang terkait dengan perkara Gülen dimana telah menerima bantuan keuangan senilai 50.000 dollar AS dan juga bantuan rumah dari Federal Bureau Investigation (FBI) selama proses kesaksiannya pada proses pengadilan di New York. Kesaksian Korkmaz sendiri terhadap Atilla dalam perkara sanksi Iran telah menuai kritik dari Ankara.

Gül menuduh bahwa pihak Amerika Serikat termasuk hakim dan jaksa agung menjalin hubungan dengan (FETÖ) atas perkara tersebut. Baginya ini adalah suatu tragedy dalam hukum yang kemudian menjadi komedi dan tidak punya landasan hukum yang kuat.

Gül mengatakan kepada koleganya, menteri kehakiman Amerika Serikat bahwa tidak ada hukum di sana dan hukum telah dipermainkan serta harus segera diakhiri.

Do you like this post?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid