doni wijayanto May 10, 2016
afr.com/arsip

Untuk memikat hati klien dan juga membuat karyawan merasa senang dan nyaman, beberapa firma hukum mulai merombak nuansa keseruannya. Kantor baru Maddocks di Collins Square, Melbourne menyertakan barista dan bar dan juga dua tingkat taman sejuk lengkap dengan koneksi wifi yang tentu saja dengan luas yang nyaman untuk bersosialisasi.

Kafe dan area lainnya didesain bukan hanya untuk para pengacara bergaul namun juga sebagai tempat klien menunggu atau melakukan aktifitas lainnya. “Kami mengundang mereka untuk menghabiskan lebih banyak waktu di kantor jadi pergaulan dapat tercipta dengan baik antara klien dan staf firma hukum” kata Guy O’Connor sebagai Senior Partner Maddocks kepada afr.com.

Sementara itu kantor baru Norton Rose Fulbright’s di 108 St. Georges Terrace. Suasana ruang rapat yang dingin berganti menjadi ruang temaram dalam balutan cahaya alami. Menyediakan suasana yang nyaman adalah suatu bentuk untuk menjaga dan menarik para staff untuk bekerja dengan baik. Pengacara melakukan banyak hal selama bekerja, suatu saat mereka membutuhkan ketenangan dan saat lain mereka membutuhkan bekerja bersama tim.

Menurut Simon Swaney, Managing Director dari firma arsitektur Bates Swaney mengatakan, bahwa firma hukum Sparke Helmore juga pindah ke area lain yaitu di Sydney’s MLC Tower dimana mereka merubah suasana kantor lama menjadi lebih terbuka dan membangun nuansa kolaborasi. Disini juga terdapat suasana kafe yang relaks.

Biaya yang dikeluarkan untuk mendesain kantor berkisar 1800-3500 dollar Australia setiap meter perseginya. Biasanya ruangan yang diperlukan antara 5000-8000 meter persegi untuk ukuran firma hukum menengah dan atas.

Mereka juga sadar untuk menyediakan tempat beristirahat setelah jam kerja panjang yang melelahkan. Karena penting untuk menyelaraskan tempat kerja dengan strategi kerja firma hukum. Tempat kerja dapat membantu membangun kultur kerja yang kuat dan juga dapat membuat orang orang untuk bergaul dan membagikan pengetahuan.

Menurut Dan Cox yang menangani desain Norton Rose Fulbright’s, teknologi dan fleksibilitas merupakan kunci dalam tempat kerja. Penggunaan selular dan workstations lebih fleksibel dan bervariasi yang dapat terkoneksi di seluruh kantor serta dapat juga digunakan untuk interaksi lain termasuk kolaborasi, rapat pribadi dan acara tertentu.

Di Brisbane, DLA Piper juga telah menggunakan kantor baru seluas 2850 meter persegi di 480 Queen Street. Menurut Jim Holding, selaku Managing Partner kantor barunya lebih besar, dan fleksibel untuk bekerja bersama. Didalamnya sudah termasuk tempat rapat virtual dan teknologi audio visual lainnya, tempat berkumpul, tempat istirahat, ruang untuk menyepi, kantor dan bermacam perangkat keras untuk bekerja. Kantor ini juga menghubungkan antara satu karyawan dengan lainnya setiap waktu dengan cara apapun dan memberikan banyak pilihan tentang bagaimana cara bekerja.

Tempat lain yang tidak ingin kalah dalam membangun suasana nyaman adalah Perth’s Justice Community yang baru saja membuka David Malcolm Justice Centre precinct di 28 Barrack Street, dimana di dalamnya termasuk ruangan sidang, ruang mediasi dan dengar pendapat, serta kantor departemen sebagaimana terdapat di Mahkamah Agung di Western Australia.

Menurut Wayne Martin selaku Chief Justice Western Australia, bahwa area itu mempunyai teknologi baru, lebih banyak cahaya dan udara segar daripada tempat sebelumnya. Area itu juga merefleksikan sebagai tempat untuk melakukan mediasi. Dikatakan juga bahwa area itu mempunyai ruang untuk dengar pendapat serba guna dengan penataan furnitur untuk dengar pendapat antara para pihak atau sebagai tempat mediasi yang memuat 9-10 pihak dengan ruang istirahat di setiap ruangan.

Do you like this post?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid