doni wijayanto February 14, 2014
legal department-linkedin.com/arsip

Penyesuaian terhadap perubahan sedang dilakukan oleh banyak perusahaan, proses transformasi mempunyai konsekuensi terhadap organisasi. Pada masa sekarang, corporate legal department  yang dalam skala global dikategorikan sebagai general counsel  harus dapat menjadi agen perubahan untuk perusahaannya, demikian menurut suatu survey yang diadakan oleh Mitratech Holdings Inc.

Menurut Chief Executive Mitratech, Jason Parkman, general counsel  harus dapat menunjukkan kemampuannya dalam mitigasi risiko terkait bisnis perusahaan dan sedapat mungkin mengurangi legal cost  yang diperlukan dalam operasionalnya, serta menunjukkan sisi transparansi kepada manajemen perusahaan. Menurut Parkman, sekarang sudah banyak general counsel  yang mengerti posisi pentingnya dalam legal operations  pada konteks global demikian kata Parkman kepada corpcounsel yang dirilis pada (6/2/2014).

Sonya Bland, Director of technology solutions dari Hewlett-Packard menjelaskan bahwa susah sekali mengumpulkan informasi di perusahaanya yang berada di luar Amerika Serikat, khususnya berkaitan untuk budget pada urusan litigasi. Menurutnya kesulitan yang muncul adalah memperoleh semua informasi perusahaan yang berada di negara negara lain dan juga permasalahan bahasa. Namun Sonya berpendapat, dengan menganalisa proses budgeting yang mencakup semua permasalahan, budget dan invoice, Hewlett-Packard sekarang dapat memprediksi hingga 95 persen keperluan penanganan urusan legal.

Menurut laporan Mitratech, tim legal dan tim operasional global Hewlett-Packard bekerja bersama dengan counsel dari luar perusahaan, yang kemudian memberikan perkembangan terkini mengenai budget bulanan dan prediksi selama 6 bulan.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Stacey Coote, Director of legal operations for American International Group Inc, mengatakan bahwa perusahaan asuransinya yang tergolong perusahaan transnasional  berusaha untuk mengatur lebih lanjut mengenai legal tools dan proses dalam skala global terkait cost untuk urusan legal.

Permasalahan lain yang dihadapi dalam skala global adalah komunikasi. Menurut Dan Herbek, Senior Manager of application-legal  pada AON Group Inc mengatakan bahwa bahasa Inggris adalah bahasa standar yang dipergunakan pada urusan bisnis di seluruh dunia, serta juga bahasa tulisan untuk dokumen dokumen, namun masalah muncul saat mengkonversi dan berkolaborasi, terkadang ada perbedaan pemahaman.

Laporan Mitratech juga berisikan tentang pentingnya legal team untuk menganalisa mengenai pola operasional dan penyusunan level staff, penting untuk mempekerjakan karyawan dengan multilingual skills. Selain itu, juga disarankan kepada general counsel  untuk mulai menata dan memperbaharui struktur departemennya dan membawa timnya maju dalam kancah dinamika perusahaan dalam skala global dan menjadi departemen yang beroperasi dengan baik di dalam organisasi perusahaan.

Do you like this post?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid