doni wijayanto February 4, 2014
Geoff Brigham-corpcounsel.com/arsip

Bagi yang mengenal Wikipedia beruntunglah, sedangkan bagi yang belum mengenal segeralah berkenalan, urusan “jatuh cinta” pada ensiklopedia digital itu, netizen sendirilah yang merasakan. Seperti halnya cinta, apakah karena naluri, kebutuhan, dorongan, paksaan, terjepit bin kepepet, gengsi, sok aksi ataukah karena memang mengalami suatu hal tertentu yang sulit diungkapkan dengan kata kata. Ketik saja kata “cinta” di Wikipedia, tersaji penjelasan di sana, kalau tidak puas silakan tambahkan informasi dengan menyunting materi yang ada. Jika netizen ditanya antara Google dan Wikipedia, mungkin jawabannya “aku cinta kau dan dia”.

Wikipedia sebagaimana dinukil dari laman Wikipedia (pengucapan: wɪkɨˈpiːdiə/ atau wɪkiˈpiːdiə/ atau wik-i-pee-dee-ə atau wi·ki·pæ·di·a atau wi·ki·pi·di·a) adalah proyek ensiklopedia multibahasa dalam jaringan yang bebas dan terbuka, yang dijalankan oleh Wikimedia Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di Amerika Serikat yang didirikan sejak tahun 2001.

Pada (31/1/2014) corpcounsel merilis tentang sosok general counsel yang menangani urusan hukum di Wikipedia dan komunitas Wikimedia, yaitu seorang lelaki bernama Geoff Brigham. Dengan penampilannya yang kasual dan senyum yang menawan dia turut terlibat atas kesuksesan Wikipedia di seantero jagat digital saat ini.

Brigham bergabung ke Wikipedia sekitar 3 tahun yang lalu dan bertanggung jawab untuk segala urusan hukum Wikipedia. Pekerjaan lainnya yaitu mengelola sekelompok counsel  yang dipekerjakan di San Fransisco, namun juga mengelola sekumpulan besar editor, penulis, fotografer dan kontributor lain dari Wikipedia dan semua proyek Wikimedia. Menurut General Counsel Google Inc, Kent Walker, yang telah mengenal Brigham semenjak mereka bekerja bersama di Ebay Inc mengatakan bahwa “Di sana terdapat sekumpulan orang yang mempunyai passion dan Geoff berada pada level orang yang memimpin dengan caranya yang santai dan dia dapat memberikan nasihat saat situasi chaos”.

Namun Brigham tidak menjelaskan hal mengenai chaos itu, hal yang paling penting di Wikimedia adalah dibuatnya konsensus tentang keterlibatan seluruh “komunitas” Wikimedia. Pada suatu lingkungan yang tidak lazim dan berbeda dengan lingkup kerja general counsel korporasi di Amerika Serikat, Brigham adalah orang yang sesuai untuk pekerjaan itu.

Sebelum menjadi pengacara, Brigham bercita cita menjadi musisi musik klasik, lantas dia mengikuti kelas di conservatory namun kemudian dia drop out. Setelah itu pengalaman kerjanya beragam yaitu federal law clerk, law firm associate, appellate attorney di US Department of Justice, Federal prosecutor di Miami dan juga legal attaché untuk the U.S. attorney general di Perancis. Kemudian pada 2001 dia bekerja di eBay, dimana dia merintis jalan menjadi deputy General Counsel yang kemudian dia berpindah biduk ke Wikimedia.

“Aku melakukan banyak hal yang berbeda, namun semua yang aku kerjakan adalah hal yang positif, semua itu memberikan pengalaman dan keahlian yang kuperlukan untuk menghadapi tantangan lain” kata Brigham kepada corpcounsel.

Tantangan itu termasuk terlibat pada komunitas yang berbicara dalam bermacam bahasa di yang ada di seantero bumi selain itu juga Brigham telah memberikan panduan terhadap suatu hal yang kontroversial dengan memberikan solusi yang tidak lazim untuk dilakukan. Pada 2012 dia memimpin Wikipedia untuk menghentikan layanannya. Hal ini sebagai ungkapan protes atas usulan legislasi yang dikenal dengan the Stop Online Piracy Act (SOPA) dan the Protect IP Act (PIPA), dimana hal ini akan menghambat kebebasan berpendapat dan akan menuju kepada sensor internet.

Selama 24 jam pada 18 Januari 2012, Wikipedia menunjukkan pesan kepada pengunjung laman “Bayangkan jika dunia tanpa pengetahuan yang bebas”. Lebih dari 160 juta pengunjung melihat blackout page dan lebih dari 8 juta yang menggunakan Wiki menghubungi anggota Kongres di Amerika Serikat. Kemudian, dua hari setelah blackout, Kongres Amerika Serikat menangguhkan SOPA. “Pendekatan yang kami lakukan memang tidak konvensional, namun hal itu bekerja dengan baik” kata Brigham.

Situasi yang tidak lazim lainnya juga muncul pada tahun lalu, saat seorang agen intelijen Perancis mengklaim bahwa artikel di Wikipedia, telah mengaburkan keterangan yang sebenarnya dari militer Perancis dan bahkan memuat informasi yang tergolong rahasia. Publikasi atas hal itu melanggar hukum di Perancis. Namun, pihak Wikipedia menolak untuk menghapus artikel, hal itu karena hampir semua informasi yang disajikan kepada publik tersedia dokumentasi videonya.

Penolakan itu jelas tidak memuaskan pemerintahan Perancis, yang mengancam akan menahan dan mempidanakan volunteer  Wikimedia yang bermukim di Perancis jika pihak Wikipedia tidak segera menghapus artikel itu. Kemudian volunteer  di Perancis menuruti keinginan pemerintah Perancis, namun kemudian muncul protes dari pihak komunitas dan akhirnya administrator di Swis memuat kembali artikel itu.

Brigham lantas merekrut counsel di Perancis, dan kontroversi mengenai hal itu diulas di media internasional. “Artikel itu yang pada awalnya tidak menarik banyak pengunjung sejak awal dimuat pada 2009, akhirnya menjadi artikel yang paling banyak dibaca di Wikipedia berbahasa Perancis, ini merupakan suatu pelajaran bahwa bagaimanapun kuatnya pemerintah untuk melakukan sensor di internet namun hal itu akan dengan mudah dikembalikan lagi ke posisi semula” kata Brigham.

Pengawasan pemerintah juga membahayakan nilai nilai Wikimedia foundation, hal ini karena saat WikiLeaks muncul dimana tidak ada keterkaitan dengan foundation, orang lantas menyamakan dengan Wikimedia foundation. WikiLeaks yang telah membuka tabir tentang pengawasan pemerintah Amerika Serikat dengan program yang dilakukan oleh National Security Agency (NSA), kemudian membuat Brigham lekas menulis kepada komunitas Wikimedia untuk mencari saran bagaimana foundation sebaiknya merespon akan hal itu. Dia mendorong anggota agar Wikimedia segera bergabung dengan organisasi lainnya dan menuntut agar pemerintah Amerika Serikat memberikan transparansi mengenai kegiatan yang dilakukan oleh NSA. “Hak mengenai rahasia pribadi adalah hal yang diperlukan untuk kebebasan intetelektual” kata pria berkaca mata ini.

Saat tidak menghadapi suatu krisis, Brigham berkonsentrasi untuk memastikan proyek proyek Wikimedia foundation berjalan dengan baik, diantaranya yaitu WikiBooks, WikiData dan tentu saja Wikipedia yang memberi dan mengedukasi banyak orang di seluruh dunia. Menurut Brigham, Wikipedia bukan hanya sekedar ensiklopedia namun lebih dari itu, Wikipedia adalah suatu hal yang lebih besar dan mungkin terlihat idealis. Brigham yang juga suka bermain flute mengatakan bahwa apa yang dilakukan Wikipedia adalah mengenai kolaborasi dan transparansi.

Pekerjaan sebagai general counsel di Wikipedia dan komunitas Wikimedia menurut Brigham bukanlah seperti dunia pengacara dengan klien yang mempunyai hak istimewa, karena tidak ada pilihan seperti itu di tempat ini. Karea setiap profesi mempunyai konsekuensi dan tanggung jawabnya masing masing.

Do you like this post?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid