doni wijayanto February 22, 2017
Para relawan dari Ropes&Gray di gudang bank makanan di Bronk, New York-foto/bol.bna.com/food bank for new york city

Banyak sekali kerja pro bono yang dapat dilakukan oleh firma hukum yang umumnya dapat dilakukan dalam penanganan perkara hukum. Namun berbuat baik dan membantu masyarakat yang memerlukan sah saja dilakukan meskipun bukan dalam urusan hukum. Inilah yang dilakukan oleh para pengacara dari berbagai macam firma hukum di New York untuk memerangi masalah sosial yang selalu saja terjadi, yaitu kelaparan.

Kampanye yang sedang berlangsung di 2017 ini yang dipelopori Lary Stromfeld dari Cadwalder berjudul “Justice Served : A firm commitment to ending hunger” yang akan berakhir pada 17 Maret nanti, namun agenda ini akan terus dilakukan setiap tahunnya.

Firma hukum yang berpartisipasi dalam kegiatan ini antara lain Alston&Bird, Jones Day, Kramer Levin, Naftalis&Frankel, O’Melveny&Myers, Ropes&Gray, Sidley Austin dan White&Case. Juga melibatkan legal department perusahaan ternama seperti Goldman Sachs, Morgan Stanley dan Wells Fargo.

Menurut David C.Djaha dari Ropes&Gray, kegiatan ini adalah bantuan komunitas untuk komunitas. Sejauh ini Ropes&Gray terlibat dalam pengumpulan makanan dan mendistribusikan ke komunitas. Kegiatan ini diikuti oleh para staf dan pengacara di Ropes&Gray. Menurutnya, Ropes&Gray adalah suatu komunitas dan saat ini berusaha membantu lingkungannya di New York.

Awalnya kegiatan ini dibentuk oleh Cadwalder, organisasi nirlaba yang bertujuan membantu masyarakat dengan mendirikan bank makanan sejak kelompok ini berdiri pada 1983. Pada awalnya Stromfeld melakukan kunjungan ke banyak komunitas dan dia ingin kegiatannya menjadi lebih besar. Kemudian dia bertemu kelompok dari Morgan Stanley dan kolaborasi keduanya sukses. Stromfeld kemudian meluaskan jaringannya ke New York City legal community dan kemudian lahirlah kegiatan Justice Served.

Pada 2016, kegiatan yang diikuti oleh pengacara, firma hukum dan legal department perusahaan menghasilkan lebih dari 300.000 makanan. Menurut bank makanan di New York, sekitar 1.4 juta warga New York memerlukan bantuan makanan khususnya untuk wanita, anak anak, dan warga lanjut usia.

Margaret Purvis, President dan CEO bank makanan untuk New York mengatakan bahwa kegiatan Justice Served, yang menghubungkan para profesional adalah contoh dari bank makanan yang akan ditularkan kepada industri lainnya.

Kegiatan ini yang telah dipelopori juga oleh Jack Fritts selama 30 tahun lampau telah menghasilkan hal hal baik. Dia mengatakan bahwa pengacara juga mempunyai kewajiban untuk memberikan sumbangsih kepada komunitas. “Manusia akan merasa lebih baik dalam kehidupannya jika dia mampu memberikan sesuatu yang bermanfaat”. Demikian kata Frits sebagaimana dikutip dari bol.bna.com.

Do you like this post?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid