Ethics

Pemberitaan yang baik mencakup aspek akurasi, transparansi dan berimbang dalam penulisan. Maka dari itu Yuridis.com berusaha mengikuti ketentuan dan pengormatan terhadap kaidah dan etika jurnalistik sehingga dapat menyajikan pemberitaan yang baik. Hal ini untuk menunjukkan komitmen dan integritas kami terhadap profesi jurnalis dan khususnya bidang hukum.

Proses produksi berita ini kami lakukan untuk melayani para Yuridisian (pembaca Yuridis.com) sehingga nyaman dan memahami isi berita yang disajikan.

Kami juga mengapresiasi saran, pertanyaan, komentar dan perhatian Yuridisian terhadap layanan kami di Yuridis.com, silakan hubungi redaksi@yuridis.com apabila anda mempunyai suatu perihal yang hendak disampaikan.

Penulis dan kebijakan redaksi

Setiap penulis di Yuridis.com adalah independen serta tidak terbentur oleh konflik kepentingan dengan siapapun, pihak manapun, dalam hal apapun dan lokasi manapun juga. Hal yang demikian untuk mengakomodasi penulisan yang baik dan bermartabat.

Untuk menambah jangkauan dan luasan materi serta persepektif yang berbeda, Yuridis.com memungkinkan untuk menerima tulisan dari pihak lain sebagai penulis tamu. Terhadap materi dari penulis tamu, tetap dilakukan pemeriksaan dan seleksi naskah untuk memastikan profesionalisme, kapasitas serta kapabilitasnya. Demikian juga dengan potensi terjadinya konflik kepentingan terhadap penulis tamu. Hal ini semata untuk kenyamanan Yuridisian dalam mengkonsumsi konten dari Yuridis.com.

Sumber berita, opini atau tulisan lainnya yang kami himpun berasal dari bermacam sumber baik sumber langsung maupun sumber tidak langsung, namun dengan tetap memperhatikan kaidah dan etika jurnalistik yang baik. Kami terlebih dahulu melakukan penelusuran dan pemeriksaan terhadap sumber sumber yang layak dan terpercaya untuk menghadirkan berita, opini atau tulisan lainnya.

Kami akan selalu menimbang dengan hati-hati dan cermat terhadap suatu sumber berita atau narasumber yang tidak atau kurang jelas sehingga mengakibatkan bias terhadap materi yang disajikan di Yuridis.com. Dengan demikian, jika terdapat kesalahan dalam pemuatan berita, opini atau tulisan lainnya, kami akan senantiasa mengadakan pembetulan terhadap hal tersebut supaya tidak terjadi kerancuan. Hal ini untuk memenuhi komitmen, integritas dan standar profesionalisme.

Pendanaan

Yuridis.com saat ini beroperasi secara mandiri, dengan pendanaan pribadi, namun terbuka kepada pihak investor yang akan mengambil bagian dalam pendanaan. Jika investor berminat maka akan dilakukan uji tuntas terlebih dahulu kepada investor mengenai maksud dan kepentingannya tersebut. Hal mana untuk menjamin etika bisnis yang baik dan sehat serta semakin bertumbuhnya potensi Yuridis.com dalam memenuhi keinginan Yuridisian terhadap berita atau tulisan hukum yang bermutu, serta produk lainnya yang berkualitas baik.

Iklan

Saat ini iklan, selain sebagai sumber pendapatan bagi media, juga dapat menjadi konten yang menarik untuk disajikan. Hal ini karena dukungan grafis dan penulisan yang baik, maka suatu iklan akan mampu menarik minat pembaca bahkan menghiburnya. Maka kami menyarankan terhadap para pemasang iklan di Yuridis.com untuk membuat desain iklan yang kreatif, menarik perhatian serta didukung dengan grafis yang bervariatif yang tentu saja disesuaikan dengan ukuran iklan yang terpasang.

Yuridis.com, akan menayangkan iklan yang berasal dari para pemasang iklan atau menerima sponsor untuk penyelenggaraan event. Namun demikian, kami tetap memperhatikan independensi sehingga terdapat batasan yang jelas, tegas mengenai produk berita, tulisan atau pemikiran yang tidak dipengaruhi oleh iklan atau sponsor. Jika terdapat materi pemberitaan dari pihak sponsor, maka akan ditampilkan sebagai sponsor konten.

Event

Selain memproduksi konten dalam jaringan (daring), Yuridis.com, berupaya untuk menjangkau komunitas dan menghubungkan Yuridisian dengan agenda kegiatan yang berbentuk, konferensi, seminar, simposium, talkshow, pameran, dan kegiatan lainnya yang menarik. Selain itu, untuk mendukung edukasi bidang hukum, maka Yuridis.com juga akan menyelenggarakan pelatihan-pelatihan dalam bidang hukum.

Terhadap pemuatan etika yang kami sajikan, kami harap Yuridisian bisa mengerti dan memahaminya. Etika tersebut akan selalu diperbaharui sesuai dengan perkembangan dari waktu ke waktu, karena you.read.this.