redaksi October 12, 2016
Ilustrasi privacy policy/epicecommercetools.com

Jika bisnis anda bergerak dalam bidang online store, maka anda harus menyiapkan privacy policy sebagai informasi kepada konsumen berkaitan dengan data yang anda peroleh dari mereka. Maka dari itu pembaharuan ketentuan ketentuan dalam privacy policy, jika dirasakan sudah tidak sesuai dengan perkembangan bisnis.

Berikut ini adalah pengalaman dari para chief legal officer dan parter firma hukum dalam merumuskan hal yang penting untuk disertakan dalam pembaharuan privacy policy perusahaan.

1.Buatlah sederhana

Ingat, dalam banyak kasus, pelanggan anda mungkin saja memperhatikan ketentuan hukum dan atau ketentuan privacy policy. Maka dari itu buatlah jelas secara tertulis dan tidak ambigu. Jangan berusaha untuk menyembunyikan klausul yang dapat merusak hubungan perusahaan dan pelanggan. Jika perlu untuk merubah secara penuh ketentuan privacy policy, lakukan dengan baik namun tetap informasikan perubahan tersebut kepada pelanggan dan siapkan jawaban jika muncul pertanyaan dari para pelanggan.

– Jeff Coppaken, The Coppaken Law Firm-

2.Ingat karyawan anda

Kadang kala, bisnis berjalan dengan perhatian lebih kepada pelanggan namun mengabaikan karyawan. Maka untuk menghindari situasi yang buruk atau permasalahan pelayanan pelanggan, pastikan setiap orang mengetahui ketentuan perusahaan sebelum diumumkan kepada pihak luar.

–Linda R.Evers, Steven & Lee-

3.Perhatikan pelanggan

Pelanggan umumnya ingin informasi yang jelas dan ringkas. Jangan terlalu terpaku dengan istilah hukum dan urusan disclaimer yang berbelit belit juga perhatikan tentang protes konsumen. Gunakan policy update untuk menangkap permasalahan tersebut dan tetap berhubungan baik dengan pelanggan. Biarkan pelanggan mengetahui perubahan apa yang terjadi. Buatlah perubahan sesuai target pelanggan anda dan jelaskan mengapa hal itu harus dilakukan perubahan. Jika memungkinkan buatlah secara win-win untuk kedua pihak, yaitu antara perusahaan dan pelanggan.

– Tracy Gray, Holland & Hart LLP-

4.Lakukan apa yang tertulis

Jangan mengabaikan apa yang sudah tertulis dalam privacy policy, karena hal ini akan menimbulkan kesulitan pada perusahaan. Bukan tidak mungkin akan menimbulkan urusan hukum jika diabaikan.

– Brian Igel, Bellizio+Igel PLLC-

5. Mengetahui apa yang dikomunikasikan

Sebaiknya berlaku transparan jika ada perubahan klausul. Legal Counsel akan memberikan informasi tentang hal yang sebaiknya dilakukan kepada pelanggan. Juga perhatikan kontrak bisnis, mungkin ada yang perlu dikomunikasikan jika ada perubahan, sebelum kontrak itu berlaku.

– Fatima Khan, Airpush-

 

sumber : forbes.com

Do you like this post?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid